INSTRUKSI TEST ROTHWELL MILLER INTEREST BLANK (RMIB)

Disusun oleh Rothwell pertama kali pada tahun 1947. Awalnya hanya memiliki 9 jenis kategori dari jenis-jenis pekerjaan yang ada. Tahun 1958, diperluas menjadi 12 katagori oleh Kenneth Miller. Sejak saat itu, menjadi Test Interest Rothwell-Miller, yang dikenal dengan Tes RMIB (Rothwell Miller Interest Blank).
Hal-hal yang merupakan kekhususan dari tes ini adalah :
1)    Dapat dimasukkan ke dalam susunan baterry test
2)    Lebih mudah dikerjakan oleh subjek
3)    Skore dapat disusun dengan lebih cepat
4)    Lebih cocok diberikan untuk orang dewasa.
Hasil keseluruhan dari tes akan memperlihatkan pola interest dari subjek. Tes ini disusun dengan tujuan untuk mengukur interest seseorang berdasarkan sikap seseorang terhadap suatu pekerjaan.
MATERI TES
Terdiri dari daftar pekerjaan dalam 9 klpk (A–I), dg 12 kategori sbb:

1)    Outdoor
2)    Mechanical
3)    Computational
4)    Scientific
5)    Personil Contact
6)    Aesthetic

7)    Literary
8)    Musical
9)    Social Service
10) Clerical
11) Practical
12) Medic

Administrasi Tes
Ø  Diinstruksikan untuk membuat ranking dari daftar pekerjaan yang tersedia di dalam formulir tes.
Ø  Ranking dimulai dengan nomor 1 untuk pekerjaan yang paling disukai dalam satu kelompok dan berakhir dengan nomor 12 untuk pekerjaan yang paling tidak disukai, sesuai dengan jumlah pekerjaan yang terdapat dalam satu kelompok.
Ø  Waktu tidak terbatas, tapi pada umumnya 20 menit
Cara Skoring
Sesudah ranking dibuat oleh responden, maka hasil ranking tersebut kemudian dipindahkan didalam suatu tabel yang terdapat dibagian akhir dari formulir tes tersebut.
Cara Pengisian
Ranking dari kelompok A dimasukan ke dalam tabel sesuai urutan aslinya. Ranking kelompok B dimulai dari kolom Me, kelompok C dimulai dari kolom Comp, dan seterusnya sehingga dalam kelompok akhir akan terdapat bahwa jenis pekerjaan yang letaknya terbawah dalam susunan daftar pekerjaan akan menjadi paling atas dalam kelompok tabulasi.
INTERPRETASI
Cara Interpretasi :
v  Apabila dilihat dari raw scorenya, maka score yang rendah dapat diartikan sebagai indikasi adanya interest yang lebih banyak dibandingkan dengan pekerjaan yang scorenya lebih tinggi.
v  Percentile tinggi maka dapat diartikan interest thd pekerjaan tsb
Adapun ke-12 kategori tersebut :
1.    Out door
Pekerjaan yang aktivitasnya dilakukan diluar atau diudara terbuka atau pekerjaan yang tidak berhubungan dengan hal-hal yang rutin sifatnya. Untuk Laki-laki/ Pria : Petani, petani tanaman hias, penjaga hutan, juru ukur, penyelidik, ahli sortir kulit, nelayan, sopir pengangkutan. Untuk Wanita : Pekerjaan pertanian, guru pendidikan jasmani (guru olah raga), pramugari, ahli pertamanan, pembina keolahragaan, peternak, peternak ayam, petani bunga, tukang kebun.
2.    Mechanical :
Pekerjaan yang berhubungan dengan atau menggunakan mesin, alat-alat dan daya mekanik. Untuk Laki-laki/ Pria :Insinyur Sipil, ahli pembuat alat-alat, tukang bubut, tukang listrik, montir, instalator, pembuat arloji, montir radio, tukang las. Untuk Wanita :Pengemudi kendaraan militer, petugas assembling (perakit) alat-alat, petugas mesin rajut, petugas pompa bensin, ahli reparasi jam, ahli gosok lensa, petugas mesin sulam, ahli reparasi permata, operator mesin kaos kaki.
3.    Computational
Pekerjaan yang berhubungan dengan angka-angka, berhitung, estimasi. Untuk Laki-laki/ Pria :kuntan, ahli statistic, auditor, penaksir pajak pendapatan, guru matematika, pembantu kasir, kasir, juru bayar, petugas pajak. Untuk Wanita : kuntan, pegawai, urusan gaji, auditor, petugas mesin hitung, guru ilmu pasti, kasir ahli tatabuku, juru bayar, pegawai pajak.
4.    Scientific
Pekerjaan yang berhubungan dengan keaktifan dalam analisa dan penyelidikan, eksperiman, kimia dan ilmu pengetahuan pada umumnya.  Untuk Laki-laki/ Pria : Ilmiawan, insinyur kimia industri ahli metereologi, ahli biologi, ahli pertanian, ahli botani, ahli astronomi, ahli geologi, assisten laboratorium.  Untuk Wanita : Ilmiawati, insinyur kimia industri ahli metereologi, ahli biologi, ahli pertanian, ahli botani, ahli astronomi, ahli geologi, assisten laboratorium.
5.    Personil Contact
Pekerjaan yang berhubungan dengan manusia, atau suatu pekerjaan yang membutuhkan kontak dengan orang lain. Untuk Laki-laki/ Pria : Manager bidang penjualan, penyiar radio, salesman, agen biri iklan, petugas wawancara keliling, juru lelang, petugas hubungan, kemasayarakatan, salesman asuransi.  Untuk Wanita : Penjual hasil mode, penyiar radio, salesgirl, agen iklan, petugas wawancara, pedagang keliling, peraga alat-alat kosmetik, petugas humas, peraga bahan-bahan yang dijual (sales demonstrator)
6.    Aesthetic
Pekerjaan yang berhubungan dengan hal-hal yang bersifat seni atau mencipta sesuatu Untuk Laki-laki/ Pria : Seniman, artis komersil, arsitek, decorator interior, perancang perhiasan, pemotret / fotografer, peñata panggung, peñata etalase, perancang motif tekstil. Untuk Wanita : Seniwati, artis komersil, guru kesenian, arsitek, decorator interior, perancang pakaian, pemotret/ fotografer, peñata panggung, peñata etalase, perancang motif tekstil.
7.    Literary
Pekerjaan yang berhubungan dengan buku-buku, kegiatan membaca dan mengarang Untuk Laki-laki/ Pria : Wartawan, pengarang, penulis drama, ahli sejarah, ahli perpustakaan, penulis majalah, kritikus buku, penulis sandiwara radio, penyair. Untuk Wanita : Wartawan, pengarang, penulis drama, ahli sejarah, ahli perpustakaan, penulis majalah, kritikus buku, penulis sandiwara radio, penyair.
8.    Musical
Minat memainkan alat-alat musik, atau yang berhubungan dengan musik. Untuk Laki-laki/ Pria : Pianis konser, dirigen orkes, komponis, kritikus musik, guru musik, pemain orgen, ahli pustaka musik, pemimpin / pemain musik band, pramuniaga toko musik. Untuk Wanita : Pianis konser, dirigen orkes, komponis, kritikus musik, guru musik, pemain orgen, ahli pustaka musik, pemimpin / pemain musik band, pramuniaga toko musik.
9.    Social Service
Pekerjaan yang berhubungan dengan minat terhadap kesejahteraan penduduk, dengan keinginan untuk menolong, membimbing/ menasehati tentang problem dan kesulitan mereka, keinginan untuk mengerti orang lain, dan hal-hal yang berhubungan dengan pelayanan. Untuk Laki-laki/ Pria : Guru SD, psikolog/ psikolog pendidikan, kepala sekolah, pekerja social, pembina rohani, organisator kepramukaan, ahli penyuluh jabatan, petugas kesejahteraan social. Untuk Wanita :Guru SD, psikolog/ psikolog pendidikan, kepala sekolah, pekerja social, pembina/penyebar rohani, petugas palang merah, ahli penyuluh jabatan, petugas kesejahteraan social.
10.  Clerical
Minat terhadap tugas-tugas rutin yang menuntut ketepatan dan ketelitian.  Untuk Laki-laki/ Pria : Manajer bank, sekretaris perusahaan, pegawai kotapraja, pegawai asuransi, petugas arsip, petugas pengiriman barang, pegawai kantor, pegawai pos, petugas ekspedisi (surat).  Untuk Wanita : Sekretaris pribadi, juru ketik, resepsionis, penulis steno, pegawai bank, pegawai kantor, pegawai kantor pos, petugas arsip, penyusun arsip.
11. Practical
Minat terhadap pekerjaan- pekerjaan yang praktis, karya pertukangan, dan yang memerlukan ketrampilan Untuk Laki-laki/ Pria : Tukang kayu, ahli mebel, tukang cat, tukang batu, petugas mesin perkayuan, tukang plester tembok, tukang leideng, tukang sepatu. Untuk Wanita : Modiste, pembuat pot keramik, ahli piñata rambut, penjilid buku, tukang bungkus coklat, pengurus rumah tangga, tukang binatu, penjahit, petugas mesin sulam, juru masak.
12.  Medical
      Minat terhadap pengobatan, mengurangi dan penyembuhan di dalam bidang medis. Untuk Laki-laki/ Pria : Dokter, ahli bedah, dokter hewan, ahli farmasi / apoteker, dokter gigi, ahli kacamata, ahli rontgen, ahli physiotherapy, mantri kesehatan, perawat. Untuk Wanita : Dokter, ahli bedah, dokter hewan, ahli farmasi / apoteker, dokter gigi, therapist, ahli rontgen, ahli physiotherapy, perawat.



                       




                                                                                                                                                                                   


                                   

                                                                                                                                                                                                                       
DAFTAR PUSTAKA

Anastasi , A. 1988. Psychologycal Testing. Sixth adition. New yor: Mcmillan.
Campbell, D.P. & Hansen, J-I. C. 1981. Manual for the SVIB-SCII: Strong- Campbell interest survey. Stanford, CA : Stanford University Press.
Edwards, A.L. 1959. Techniques of attitudes scale construction. New York: Appleton-Century-Crofts.
Kaplan,R.M & Saccuzo, D.P.1989. Psychologicaltesting: principles, applications, and issues. Second edition. Pacific Grove, CA: Brooks/cole.
Bennet, G.k., H.G. Seashore & A.G. Wesman. 1952. Differential Aptitude Test. Manual. Secont edition . New York: The Psychologycal Corporation.
Butcher, H.J. 1973. Human Intelegence. Its Nature and Assessment. New York: Harper Torchbooks.
http://ridhopsi.blogspot.com/2009/12/tes-bakat.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar